Jul 30, 2010

Contoh Proposal SENAM

Kata Pengantar



Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan bimbingannya sehingga kami dapar menyusun proposal olahraga dengan materi Senam Aerobik.
Proposal ini dikemas dengan penjelasan dan penjabaran yang menarik sehingga proposal ini dapat dibaca oleh semua kalangan. Proposal ini disusun sebagai pembelajaran siswa secara mandiri dan proaktif sesuai dengan prinsip pembelajaran mandiri dimana siswa membangun pemahanannya malalui kegiatan-kegiatan fisik dan mental.
Kami berharap proposal ini dapat bermanfaat bagi para siswa maupun guru dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat menambah wawasan guru dan meningkatkan kecerdasan siswa.
Karena itu demi perbaikan proposal ini kami terima segala saran, kritik, teguran dan masukan yang membangun akan senantiasa kami terima dengan lapang dada. Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.



Tim Penyusun



DAFTAR ISI

Kata pengantar
Daftar Isi
Pendahuluan
Ruang Lingkup Kegiatan
Isi : Gerakan :
Pemanasan
Inti
Pendinginan
Absensi
Penutup
Lembar Pengesahan




PENDAHULUAN

Senam adalah latihan tubuh yang di rangkai dan di tetapkan dengan berencana, di susun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi yang harmonis. Dengan melakukan pergerakan senam, tubuh kita menjadi sehat, kuat, bugar dan juga sehat jasmani dan rohani.
Kita akan merasakan manfaatnya dalam melakukan senam secara sungguh-sungguh dan di lakukan setiap hari akan lebih baik, sebab olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita.
Dengan demikian kita melakukan olahraga setiap hari agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari segala macam jenis penyakit.

I. LATAR BELAKANG
Di era globalisasi ini banyak orang yang terjangkit penyakit disebabkan karena cuaca yang buruk juga tidak menentu. Oleh karena itu agar kita tidak terjangkit penyakit kita lakukan olahraga dengan cara senam dan mengatur pola makan.
Dalam rangka meningkatkan mutu generasi muda agar lebih aktif, kreatif, kami siswa-siswi SMA Negeri 19 Surabaya melakukan senam.

II. TUJUAN
Adapula tujuan senam tersebut yaitu :
Meningkatkan kesegaran jasmani dan rohani
Menambah kreatifitas siswa
Menambah kemandirian siswa
Menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Maka dari itu kami membentuk kelompok olahraga, dan melakukan senam, khususnya senam aerobic.

III. BENTUK KEGIATAN
Olahraga Senam

IV. NAMA KEGIATAN
“ Senam Aerobik”

V. DASAR KEGIATAN
Tugas praktek mata pelajaran Penjaskes tahun ajaran 2008-2009

VI. SASARAN
Siswa-siswi SMA Negeri 19 Surabaya, khususnya kelas XI IA 4






RUANG LINGKUP KEGIATAN

1. Diselenggarakan oleh siswa-iswi kela XI IA 4 SMA Negeri 19 Surabaya
2. Durasi
 Pemanasan : ± 4 menit
 Inti : ± 7 menit
 Pendinginan : ± 5 menit
3. jumlah peserta terdiri dari :
 Jeffry Dwi Afriansyah ( 01 )
 Rio Teguh Setiawan ( 13 )
 Rosandina Amalia ( 14 )
 Shanti Devita Chandra Sari ( 15 )
 Theresia Sonya Rahardianty ( 16 )
 Achmad Ansori ( 31 )
 Ayu Mutiara Fahmi ( 32 )
 Dewi Nurhayati ( 34 )
 Basuki Rahmad ( 36 )
 Husin ( 38 )


PENUTUP

Demikianlah proposal senam aerobic ini. Kami selaku tim penyusun telah berusaha semaksimal mungkin, sehingga kami dapat menyusun proposal ini manjadi sedemikian rupa. Kami mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelesaikan proposal ini. Saran dan kritik yang membangun masih kami harapkan, baik dari Bapak/Ibu guru maupun dari pembaca. Terima kasih.



LEMBAR PENGESAHAN


Penanggung Jawab :
Selaku Guru Olahraga




(Drs. Winduro Muskita)
Nip. –

No comments: