Jul 30, 2010

Mengkoreksi Diri Kembali Demi Karier

Mengkoreksi Diri Kembali Demi Karier


Saat ini banyak dari para pekerja yang merasa bahwa pekerjaan yang mereka lakukan sekarang bukanlah pekerjaan yang mereka inginkan, ataupun tidak sesuai dengan minat dan bakat mereka. Apakah anda termasuk salah satu dari mereka ?
Dilema yang biasanya dihadapi oleh mereka yang ingin berganti pekerjaan adalah adanya rasa takut akan masa depan karir baru yang akan dijalani. Tapi, sudah banyak contoh sukses dari mereka yang berganti karir dari misalnya direktur utama sebuah perusahaan beralih karir menjadi pengusaha batik yang memulai usahanya benar-benar dari bawah.
Anda mungkin akan berpikir bahwa pengusaha itu aneh, tapi usaha yang dikerjakannya tersebut membawa kepuasan batin tersendiri bagi pengusaha tersebut.
Bagi yang sedang menghadapi masalah ini, ada beberapa cara untuk memastikan apakah anda ingin berganti karir atau tetap dengan pekerjaan anda yang sekarang. Tips ini didapat dari para pakar karir di Singapura.
Pertama-tama anda harus benar-benar mengetahui diri anda sendiri, jangan terpengaruh dengan pendapat orang lain. Yang benar-benar tahu keinginan dan minat anda adalah anda sendiri. Jangan sampai anda menuruti pendapat orang lain yang akan membawa penyesalan di kemudian hari.
Lalu mintalah pendapat dari orang sekitar anda mengenai pekerjaan baru yang akan anda geluti. Perhatikanlah semua saran yang masuk baik dari orang yang lebih tua tua maupun yang muda. Bila anda sudah memutuskan akan berganti karir, jangan berpikir terlalu lama karena, semakin lama berpikir anda akan semakin bingung dan ragu-ragu. Ikutilah kata hati anda.
Bila anda merasa bahwa anda tidak mampu untuk melakukan pekerjaan tersebut, janganlah anda memaksakan diri untuk melakukannya. Karena bisa dikatakan anda sudah kalah sebelum perang. Namun kalau anda merasa bahwa anda mampu dan anda merasa inilah karir impian anda silakan teruskan rencana anda untuk berganti karir. Anda juga harus siap dengan segala resiko yang akan muncul di kemudian hari.
Jujurlah anda pada diri sendiri bahwa memang inilah karir yang anda inginkan. Jadi jangan sampai menyesal dikemudian hari.
Pertimbangkanlah mengenai uang yang akan anda dapatkan walaupun uang bukan segalanya. Tapi pertimbangkan berdasarkan kebutuhan anda, kebutuhan keluarga anda dan berapa lama anda perkirakan anda akan bertahan dengan karir baru tersebut.
Hal yang sangat penting adalah jangan segan-segan untuk meminta dukungan dari sahabat terdekat, orang tua bahkan pendamping hidup anda. Dukungan mereka akan sangat membantu anda melewati masa-masa sulit. Anda akan merasa terlindungi dan aman.
Kalau anda termasuk orang yang selalu mau tahu dan belajar mengenai hal-hal baru maka, anda dipastikan sudah memenangkan setengah peperangan.
Jangan pernah meremehkan kemampuan anda. Cobalah kemampuan anda sampai batas paling maksimal dan anda bisa terkejut dengan hasil yang anda capai. Hal sederhana ini biasanya selalu dilupakan oleh anda.
(www.straittimes.com)

No comments: